Kenapa Ngeblog Bisa Meningkatkan Keterampilan Menulis?

Kenapa Ngeblog Bisa Meningkatkan Keterampilan Menulis?

Hai semuanya. Akhirnya, setelah sekian lama nggak nulis saya memutuskan untuk nulis lagi. Kangen sekali rasanya.

Kali ini, saya akan membahas mengenai kenapa ngeblog. Tahun lalu saya pernah membahas ini. Namun, kali ini saya akan lebih fokus pada kenapa ngeblog bisa meningkatkan skill menulis yang memang sudah saya rasakan sendiri.

Kenapa Ngeblog?

Kenapa saya ngeblog? Saya ngeblog awalnya karena suka. Isinya tulisan tentang idola saya, puisi, review buku, dan curahan hati tentu saja. Kalau melihat tulisan terdahulu, saya sekarang merasa bahwa telah tumbuh menjadi lebih baik.

Dulunya saya menulis memesona menjadi mempesona, hingga sekarang bisa melahirkan sebuah artikel yang lumayan. Yah, walaupun sekarang skill menulis saya masih tergolong biasa, tetapi tentu sangat berprogress apabila dibandingan dengan lima tahun yang lalu. Satu hal yang pasti, saya sangat menikmati prosesnya.

Setelah saya renungkan lagi, rasanya kemauan dan kemampuan menulis saya terasah dengan ngeblog. Loh, kok bisa? Kenapa ngeblog bisa meningkatkan skill menulis? Bagaimana caranya? Mari kita bahas!

Mindset Senang Menulis

Satu hal yang perlu ditanamkan pada diri yakni menulis adalah kegiatan menyenangkan, sehingga kamu akan merasa ada yang kurang kalau kamu belum melakukannya. Ini adalah tangga pertama yang harus kamu naikki.

Tuliskan apa yang kamu suka di blog. Tentunya kamu akan antusias. Ceritakanlah dengan gayamu sendiri, tak perlu merisaukan dulu kaidah berbahasa yang benar atau tentang perkara SEO on page. Semua diawali dengan menulis yang kamu suka. Itu kuncinya.

Bukan Kualitas, tapi Kuantitas

Mungkin banyak yang kurang setuju dengan pernyatan yang ini. Akan tetapi, menurut saya jemari dan otak harus dibiasakan untuk menulis dulu. Menulis adalah rutinitas. Tak apa tulisanmu jelek, tetapi jangan lupa melakukannya setiap hari. Menulislah meskipun sedikit.

Setelah rasa senang menulis diciptakan, semangat menulis akan semakin besar. Nah, kuantitas yang saya maksud di sini adalah menulis setiap hari. Yah, kalau sekiranya terlalu berat, kamu bisa menulis dua atau tiga kali seminggu dan mempublikasikannya di blog.

Ngeblog membuat kamu bisa melacak apakah sudah menulis secara rutin atau belum. Di tahap inilah kamu tak sekadar senang menulis, tapi membentuk kebiasaan menulis. Mau sedang bad mood atau good mood, blog membuat kamu harus menghasilkan tulisan.

Praktik sambil Belajar

Saya yakin, dalam perjalanan seorang blogger pasti tak ingin hanya sampai di sini saja. Seorang blogger akan terus berusaha meningkatkan skill menulis. Ini bukan paksaan loh ya. Akan tetapi, ini terjadi secara alami. Saat sedang blogwalking dan melihat blog blogger lain tampak lebih kece, tentu tebersit keinginan untuk naik ke level yang sama.

Seorang blogger akan selalu upgrade diri, baik perkara kemampuan menulis atau wawasan seputar dunia blogging. Kalau melihat blogger sepuluh tahun yang lalu, rasanya sangat jauh berubah dengan sekarang.

Saat ini tulisan di blog tampak begitu profesional dengan berbagai gambar infografis, video, bahkan teknik menulis yang beragam. Bahkan ada pula trik agar tulisan kita ada di halaman pertama google. Kalau nggak mau belajar, tentu akan ketinggalan.

Seorang blogger akan belajar berbagai hal itu sambil mempraktikkannya. Tak ada teori yang berhasil kalau nggak dipraktikkan. Nah, blogger melakukannya. Biasanya mereka akan mengikuti komunitas. Salah satunya di ODOP, yakni ODOP Blogger Squad. Meraka belajar dan langsung praktik!

Belajar Menulis secara Profesional

Untuk menghasilkan cuan melalui blog, kamu nggak bisa sekadar menulis suka-suka. Tentunya banyak yang harus dipelajari. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, blogger juga akan belajar menulis secara profesional, bisa untuk lomba blog, google adsense, atau menulis konten bersponsor.

Nah, dengan belajar dengan sungguh-sungguh dan mempraktiknya, bisa dengan arahan mentor atau otodidak, tak ayal ketika skill menulis blogger meningkat. Bahkan kini banyak ditemukan para blogger menerbitkan bukunya sendiri. Sebut saja Raditnya Dika, Trinity, Alitt Susanto, dan masih banyak yang lainnya. Wow! Betapa luar biasanya dampak dari ngeblog!

Itu dia beberapa alasan dan cara ngeblog bisa meningkatkan skill menulis. Oleh karena itu, jangan malas ngeblog. Siapa tahu, jalan rezekimu datang lewat ngeblog.

Oke, begitu saja artikel kali ini. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya!

1 comment found

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: