[Review] Tentang Kamu – Tere Liye (2016)

[Review] Tentang Kamu – Tere Liye (2016)

“Bahkan sejatinya, banyak momen berharga dalam hidup datang dari hal-hal kecil yang luput kita perhatikan, karena kita terlalu sibuk mengurus sebaliknya.” (halaman 257)

Kesan pertama saat melihat novel Tentang Kamu adalah… saya nggak tertarik. Saya bisa berpikiran seperti itu karena gambar sampulnya sangat tidak menarik. Untungnya, kekurangan ini dapat terselamatkan oleh nama Tere Liye di bawahnya. Bila tidak, saya sepertinya nggak akan pernah baca novel ini.

Tentang kamu adalah sebuah novel yang menceritakan perjuangan Zaman, seorang pengacara muda dari Thompson & Co, untuk mengurus warisan Sri Ningsih. Sri Ningsih adalah seorang wanita asal Indonesia yang meninggal di sebuah panti jompo di Paris. Kematiannya itu dapat menjadi masalah karena Sri Ningsih meninggalkan harta warisan yang nilainya sangat besar.

Cerita dibuka oleh Zaman Zulkarnaen, seorang pengacara muda yang mendadak dihubungi oleh staff Thompson & Co untuk wawancara kerja. Setelah menimbang satu dan lain hal, Zaman akhirnya menghadiri sesi wawancara itu meskipun datang terlambat. Ia diterima kerja sebagai pengacara junior di sana.

Selang dua tahun sejak bergabungnya Zaman ke firma hukum itu, ia ditunjuk oleh Thompson (pemilik Thompson & Co) untuk menyelidiki mengenai Sri Ningsih. Ia harus menemukan pewaris Sri Ningsih yang berhak atas harta warisannya yang bernilai sangat besar itu. Dalam surat yang dikirimkannya pada Thompson & Co, Sri Ningsih tidak mencantumkan surat wasiatnya. Oleh karena itu, Zaman harus menyelidikinya agar warisan itu jatuh pada orang yang berhak menerima.

“Daripada kita sibuk bertanya kapan seorang gadis menikah, hanya membuatnya sedih, lebih baik bantu dia agar segera mendapatkan jodohnya. Itu lebih bermanfaat.” (halaman 357)

Setelah membaca banyak novel Tere Liye, hanya Sunset & Rosie yang membuat saya kecewa. Selebihnya, justru membuat saya semakin menyukai tulisan Tere Liye, termasuk Tentang Kamu. Sejauh ini, inilah novel Tere Liye yang menjadi favorit saya. Tere Liye mampu membuat saya salah menembak isi novel dari judulnya. Yah. Saya terkecoh. Saya pikir dengan judul Tentang Kamu, isinya akan berkutat seputar masalah cinta yang berliku-liku. Namun yang saya dapatkan dari novel ini, jauh lebih banyak dari sekadar masalah percintaan.

Cerita dalam novel ini berfokus pada Sri Ningsih. Seorang perempuan dengan hati yang tulus, pekerja keras, sabar, dan penyayang. Namun Sri Ningsih nggak menceritakan perjalanan hidupnya sendiri. Kisahnya diulik oleh Zaman Zulkarnaen dari satu orang ke orang lain. Menggabungkan berbagai puzzle yang masih acak-acakan. Secara umum, Zaman hanya sebagai pion untuk menceritakan tangguhnya seorang Sri Ningsih.

Novel ini mampu menginspirasi saya. Kenapa? Perjuangan hidup Sri Ningsih yang sedemikian berat, tidak pernah membuatnya mengeluh. Harta yang selalu saja dicari-cari dan diperjuangkan oleh banyak orang, justru dilepas begitu saja oleh Sri Ningsih. Dia justru memilih hidup dalam kesederhanaan. Dia adalah seorang wanita yang penuh dengan kejutan. Berbagai masalah pelik yang menerpanya, seolah nggak pernah menjadikannya putus asa. Semua itu justru menjadi cambukan untuk dia agar dia berusaha menjadi lebih keras lagi, mencoba, dan terus mencoba.

Satu kisah cinta kecil yang diselipkan dalam rangkaian hidup Sri Ningsih dikemas dengan begitu manis. Tidak berlebihan manisnya, justru tindakan kecil yang dilakukan itu terkesan mengganggu, namun dibaliknya, penuh pengorbanan itu mampu membuat setiap wanita luluh lantah hatinya.

Novel ini mengajarkan pada kita bahwa memiliki hati yang tulus adalah sesuatu yang sangat penting. Menjadi pekerja keras, dan selalu menjadi penyayang juga hendaknya ditumbuhkan dalam diri. Oh iya. Novel ini juga mengajarkan pada kita bahwa cinta sejati itu datang pada waktunya. Sri Ningsih bertemu dengan suaminya pada umur 36 tahun (kalau saya tidak salah ingat). Sedangkan saat itu suaminya berumur 39 tahun. Dan kisah pertemuan mereka begitu manis, seperti yang saya sebutkan tadi.

Sayangnya dalam novel ini masih terdapat beberapa salah ketik. Bahkan ada beberapa bagian yang spasinya hilang. Mungkin novel ini tebal sehingga editornya juga nggak terlalu fokus saat mengedit naskah ini.

“Hati manusia persis seperti lautan, penuh misteri. Kita tidak pernah tahu kejadian menyakitkan apa yang telah dilewati oleh seseorang.” (halaman 415)

Novel ini sangat saya rekomendasikan untuk dibaca. Saya beri novel ini 4,5 bintang dari 5 bintang. Kenapa bukan 5 bintang? Sekali lagi. Saya nggak suka dengan covernya yang saya pikir terlalu biasa untuk novel dengan isi yang begitu berbobot seperti ini. Selamat membaca.

Judul                           : Tentang Kamu

Penulis                        : Tere Liye

Penyunting                : Triana Rahmawati

Tahun Terbit            : 2016

Penerbit                      : Republika

Halaman                    : 524 halaman

*Review ini pernah diposting di blog lama saya pada tanggal 12 Februari 2018

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: